Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 13 Januari 2013

Petunjuk Praktis Bertanam Sayuran di Pekarangan Rumah


Area kosong di halaman rumah atau carport bisa dimanfaatkan secara produktif untuk bertanam sayuran (vegetable gardening). Cara ini memiliki keuntungan ganda. Selain bisa menambah asri rumah Anda, juga bisa menjadi sumber konsumsi sayuran bagi keluarga. Selain lebih segar karena bisa dipetik langsung, tentu saja lebih sehat karena dihasilkan dari sistem penanaman organik. Vegetable gardening telah menjadi hobi sehat yang banyak digandrungi di negara maju.

Dibandingkan dengan negara subtropis, di Indonesia lebih mudah menerapkan vegetable gardening. Kondisi iklim tropis, sangat memungkinkan Anda bisa menanam dan memanen sayuran di halaman rumah. Bahkan, Anda tidak perlu lagi membeli sayuran dari pasar atau pedagang keliling jika mampu menanam aneka sayuran, seperti kangkung, sawi, bayam, kailan, terong, cabai, bawang, kacang-kacangan, timun, serai, seledri, dan tomat.
Sebelum Anda memulai vegetable gardening, ada beberapa hal yang mesti diketahui agar bisa menghasilkan tanaman yang subur dan sehat. Salah satunya ialah menentukan media tanam yang tepat. Media tanam sangat penting bagi akar tanaman untuk memperoleh sumber makanan untuk pertumbuhannya. Untuk hasil yang maksimal, menanam sayuran dengan media tanah langsung lebih menguntungkan karena sumber makanan yang diperlukan lebih banyak tersedia. Namun, Anda juga bisa berinovasi dengan pot, karung goni, keranjang, atau sejenisnya jika tidak terdapat media tanah langsung.
Sungguh asyik dan menyenangkan jika Anda mengisi waktu luang atau menjadikan vegetable gardening sebagai hobi Anda. Kegiatan ini sangat bermanfaat dilihat dari berbagai aspek. Lebih positif lagi, jika Anda mampu menularkannya kepada tetangga dan masyarakat sekitar untuk sama-sama bertanam sayuran di halaman rumah. Kegiatan ini akan membantu menghijaukan bumi dalam menciptakan lingkungan dan udara yang lebih bersih dan sehat.
Bagaimana, Anda tertarik? Untuk berbagai tahapan dan teknik penanamannya secara baik dan benar, buku Vegetable Gardening, Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah terbitan Indonesia Tera ini akan memandu Anda secara mudah dan aplikatif. Buku ini ditulis oleh Galuh Iritani yang telah menggeluti vegetable gardening semenjak tahun 2007.
Melalui buku ini, Anda akan mendapati sepuluh langkah mudah memulai vegetable gardening secara baik dan benar, petunjuk bertanam 34 jenis sayuran populer, mulai dari sprouts, sawi, kakung, bayam, kailan, mix lettuce, baby leaf, radish, terong, cabai, tomat, jagung, kacang panjang, kecipir, buncis, okra, timun, labu, bawang, kucai, kemangi, ubi, hingga semangka. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tips-tips mengatasi permasalahan dari vegetable gardening yang sering muncul.

Sumber : geogle.com

0 komentar:

Poskan Komentar